Nokia E71 – Ponsel QWERTY Fesyen

Posted: 7 September 2009 in Gadget, Handphone
Tag:

nokia-e71-pisethSetelah Nokia E90 Commnunicator, Nokia menghadirkan fitur terlengkap di seri E71. Dukungan fitur dasar generasi baru membuatnya menjadi yang terdepan di kelas ponsel pebisnis Nokia

Umumnya ponsel bisnis dengan desain QWERTY tampil kaku, jauh dari kesan modis. Maklum yang lebih diutamakan adalah fitur dan kegunaannya. Tapi ini berbeda ketika kita melihat Nokia E71. Dari namanya, ponsel ini masuk segmen pebisnis tapi didesain cukup modis. Terlihat pada adopsi nuansa krom perak yang cukup dominan. Nokia menyebut E71 sebagai “world thinnest QWERTY phone” dengan ketebalan ponsel hanya 10 mm.

Tidak seperti kehadiran di E series sebelumnya, banyak fitur dasar baru di E71 yang tidak ditemui di keluarga seri E. Misalnya, peningkatan versi Quickoffice terbaru. Selain itu, fitur multimedia yang selama ini hanya diadopsi di N series, kini bisa kita dapatkan di E71. Tak terkecuali fitur A-GPS dan kemampuan koneksi HSDPA (high speed downlik packet access). Berikut fitur lain E71 yang diuji oleh SELULAR :

KEYPAD
E71 adalah generasi penerus Nokia E61i, yakni mengadopsi konsep QWERTY keypad. Secara umum fungsi keypad serupa dengan E61i, hanya bentangan board keypad tentu lebih kecil. Tapi desain empat buah one touch key terlihat mengacu pada yang digunakan di Nokia E51. Kelebihan one touch key adalah satu tombol bisa di set untuk dua fungsi menu berbeda, ‘short press’ dan ‘long press’.
Catatan : Meski bentangan keypad lebih kecil, setiap tuts dibekali tonjolan untuk mempermudah jari saat mengetik.

LAYAR
Jenis layar mengusung konsep landscape, berukuran 2,36 inchi atau 48×37 mm dengan resolusi 320×240 pixels. Tampilan layar pada home screen lebih dinamis dan kaya ikon fitur. Contohnya pada home screen bagian bawah kini bisa ditempatkan ikon info notifikasi SMS/MMS, email dan lain sebagainya.
Catatan : Layar boleh lebih canggih, tapi ukurannya jauh lebih kecil ketimbang seri sebelumnya E61i yang layarnya berukuran 2,8 inchi.

OFFICE
Quickoffice adalah aplikasi strategis untuk Nokia E series, di E71 Quickoffice mengadopsi versi terbaru 4.1.35.0, dimana kemampuannya mencakup auto find and replace word, ditambah lagi advanced formatting untuk kemudahan mengatur penulisan di layar. Banyak tools edit yang menarik untuk olah naskah Word, Excel dan Power Point. Sebagai tambahan terdapat active notes, berguna untuk membuat pesan notes yang bisa dikombinasikan dengan konten multimedia wireless presenter dan kamus bahasa Inggris.

A-GPS
Menu A (assisted)-GPS di E71 tak berbeda dengan yang pernah diperkenalkan di ponsel Symbian seri60 lainnya. Info GPS dapat diperoleh lewat menu GPS data (melihat arah kompas digital), dan tentunya menu Nokia Maps yang dibekali 3D maps, navigasi suara dan lain-lain.
Catatan : Akan lebih atraktif apabila dibekali kemampuan rotating screen.

KAMERA
E71 menjadi ponsel QWERTY Nokia yang berbekal resolusi tertinggi dengan 3,2 Mpix. Fitur di kamera mengacu pada pilihan fitur yang ada di N82, termasuk opsi close up, red eye, white balance dan kemampuan flash light. Hanya fitur red eye yang nampaknya belum disertakan.
Catatan : Kualitas rekam video masih mengandalkan pilihan resolusi maksimum QVGA dengan speed 15 frame per second. Kamera E71 juga belum menyertakan aplikasi panorama.

INTERNET
Untuk akses internet E71 menawarkan solusi yang cukup komplit, mulai dari 3G, HSDPA yang bisa dikebut 3,6 Mbps dan EGPRS kelas 32 yang secara teori punya maksimum download 296 Kbps dan upload 177,6 Kbps. Belum lagi, tambahan internet WLAN yang fungsional. Ada tambahan fitur baru yakni Intranet, berguna untuk akses jaringan dalam VPN (virtual private network).
Catatan : Nokia MiniMap browser memang atraktif, tapi belum ada penambahan fitur di browser ini.

KONEKTIVITAS
Urusan koneksi ibarat gado-gado, semuanya ada di E71 mulai dari bluetooth versi 2.0 dan infrared dengan speed data sampai 115 Kbps. Untuk yang kabel, E71 punya bekal fast speed USB. Fitur koneksi lainnya yang terbilang baru yakni barcode, lensa kamera bisa membaca kode barcode suatu produk dan bisa disimpan datanya.
Catatan : disayangkan belum ada bekal kemampuan koneksi TV out. E71 memiliki female jack 2,5 mm, berbeda dengan di N series yang mengadopsi 3,5 mm.

MUSIK
Sentuhan musik memang tak terlalu jadi perhatian di E series, tapi lain halnya di E71. Pemutar musik dilengkapi fitur khas standar di N series, seperti equaliser, shuffle, genres, playlist, bass booster dan composer. Tak seperti pendahulunya E61i, maka E71 sudah dibekali kemampuan bluetooth strereo A2DP. Format musik yang diputar yakni MP3, WMA dan AAC. Di menu ini juga tersedia jalur akses langsung via internet ke Nokia music store.

VOICE AID
Aplikasi ini berguna bagi pengguna ponsel tuna netra. Lewat voice aid, pengguna akan dibantu untuk selancar menu, bahkan hingga ke sub menu. Termasuk panduan lewat suara untuk mendengar nama-nama di phonebook, dan arahan untuk melakukan panggilan.
Catatan : Sedikit disayangkan voice aid belum tersedia untuk panduan dalam bahasa Indonesia.

RADIO FM
Keberadaan radio menjadi penyegar di kelas ponsel QWERTY Nokia, FM radio di E71 menggunakan konsep visual radio. Fitur yang tersedia mencakup manual tuning, save station hingga 50 channel. Tentunya fasilitas radio berkemampuan multi tasking.

Sumber :  selular.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s